22 September 2023

Rutinitas pagi sebelum KBM

Sejak tahun 2015 sampai dengan tahun 2019, MTs Darul Hikam melaksanan program rutinan setiap hari yakni upacara bendera, tadarus, dan istighosah. Program rutinan tersebut dimulai pukul 06.30 s.d 07.00 WIB. Tetapi sejak wabah covid-19 melanda negeri ini, program tersebut dihentikan karena ada kebijakan pembatasan jam tatap muka di satuan pendidikan di seluruh penjuru negeri ini.
Setelah wabah covid-19 mulai terkendali, kebijakan larangan tatap muka mulai dihapuskan. Tapi sungguh disayangkan sekali karena dampak yang sangat signifikan atas larangan tersebut terhadap minat siswa untuk kembali melaksanakan kegiatan pembelajaran. Jangankan melaksanakan program rutinan, melaksanakan kegiatan pembelajaran tatap muka saja siswa sudah tidak terbiasa. Butuh waktu lama agar kembali normal.
Alhamdulillah, dengan semangatnya personalia MTs Darul Hikam yang menggebu-gebu akhirnya program rutinan tersebut mulai dilaksanakan kembali. Meskipun tidak lagi dimulai pukul 06.30 WIB akan tetapi pukul 07.00 WIB yang mana seharusnya jam 7 tersebut sudah dimulai kegiatan pembelajaran.
Sebelum jam pelajaran dimulai, para siswa di MTs Darul Hikam terlebih dahulu melaksanakan sholat dhuha dan tadarrus al-Qur'an yang didampingi oleh guru yang bertugas.
Dalam pelaksanaan sholat dhuha dilakukan oleh seluruh siswa Mts Darul Hikam Secara berjamaah yaitu mulai dari kelas 1 - 3 dan yang menjadi imam adalah guru yang bertugas. Kegiatan pembiasaan sholat dhuha dilakukan di musholla MTs Darul Hikam Karna MTs Darul Hikam sudah mempunyai musholla sendiri dan cukup untuk menampung seluruh siswa untuk bisa sholat berjamaah.
Setelah selesai sholat dhuha berjamaah dilanjukan tadarrus al-Qur'an dan setiap harinya berbeda, yaitu pada hari senin, selasa, rabu dan sabtu membaca surah ad-duha sampai an-nas, hari kamis Istighosah, hari jum'at membaca yasin & tahlil.
Pembiasaan ini sesuai dengan pepatah arab yang berbunyi : 
                                من شب على شيء شاب عليه
" Yang artinya barang siapa yang membiasakan sesuatu di waktu mudanya, maka ia akan terbiasa melakukannya di masa tuanya."
Semoga dengan pelaksanaan pembiasaan sholat dhuha dan tadarrus al-Qur'an ini nantinya akan membentuk siswa yang berkarakter, berakhlakul karimah, dan menjadi generasj yang berguna bagi nusa dan bangsa.

2 comments:

 
Top