17 Maret 2018

Matsama (MOS) TP 2015-2016

IMG-20150815-WA0014

Tahun 2015 Bulan Juli merupakan awal masuk siswa tahun pelajaran 2015-2016. Tahun itu merupakan pertama kalinya bagi MTs Darul Hikam memiliki 3 rombel/kelas. Tahun itu peserta didik baru diwajibkan mengikuti Masa Ta’aruf Santri madrasah (Matsama) atau MOS kalau di lembaga umum seperti SMP.

Matsama di MTs Darul Hikam Semedusari dilaksanakan selama 3 hari. Sehari sebelum kegiatan, Dewan Guru selalu mengadakan rapat terlebih dahulu agar pelaksanaan matasama berjalan dengan lancar dan membuat peserta didik baru merasa senang berada di Darul Hikam. Matsama yang dikonsep oleh dewan guru memang dibuat semenarik mungkin, tujuannya agar masyarakat sekitar “mengakui” bahwasannya di Desa Semedusari juga ada lembaga yang sederajad dengan SMP yaitu MTs Darul Hikam Semedusari.

Hari pertama matsama diisi dengan perkenalan lingkungan madrasah. Kemudian siswa dilatih baris-berbaris oleh Pembina Pramuka dan Asistennya.

Latihan Mental

Hari kedua matsama diisi dengan permainan yang menyenangkan bagi siswa-siswi Darul Hikam. Entah apa nama permainannya dan tujuannya.

Permainan 1

Permainan 2

Hari ketiga pagi diisi dengan jalan sehat ke Pantai dekat PT Indonesia Power.

Jalan Santai

Hari ketiga malam diisi dengan Istighosah. Sebelum istghosah, siswa membukanya dengan bersholawat terlebih dahulu. Setelah itu siswa dan guru nonton bersama di halaman madrasah. Sekitar pukul 22.00 WIB, siswa-siswi diharuskan mengganti pekaiannya dengan seragam pramuka sebagai persiapan acara selanjutnya yaitu renungan malam. Sebelum renungan malam, siswa ditutupi kedua matanya agar tidak mengetahui tempat renungan nantinya.

Albanjari

Renungan malam

Setelah selesai acara, siswa-siswi dipersilahkan pulang ke rumah masing-masing.

1 comments:

  1. Gambling Hall of Fame Las Vegas Tickets - JT Ticketmaster
    Buy 김포 출장샵 Gambling Hall of Fame Las Vegas Tickets from JT Ticketmaster. Find Gambling 서산 출장마사지 Hall 밀양 출장샵 of Fame Las 서울특별 출장안마 Vegas 광명 출장안마 venue concert and event schedules, Feb 18, 2022GOLDEN VEGAS Feb 23, 2022The Venetian - Las VegasFeb 26, 2022Red Tiger - The Venetian

    BalasHapus

 
Top