19 Maret 2018

Pembagian Sembako ke Warga Sekitar

IMG-20170604-WA0004Pada bulan Romadhon 1438 H Tahun Pelajaran 2016-2017, siswa-siswi Darul Hikam berinisiatif membagikan sembako ke warga sekitar Madrasah. Kegiatan ini bertujuan untuk menumbuhkan jiwa sosial siswa agar peka terhadap warga yang kurang mampu di sekitarnya. Kegiatan ini juga merupakan bagian dari pondok romadhon yang dilaksanakan oleh MTs Darul Hikam Semedusari. Kegiatan ini memang tidak dihadiri oleh seluruh siswa akan tetapi proses pembagiannya berjalan dengan lancar.

Warga yang mendapatkan sembako adalah warga yang tergolong memiliki ekonomi di bawah rata-rata ekonomi warga Desa Semedusari. Sebagian dari mereka adalah janda dan orang tua lanjut usia yang notabene sudah tidak kuat bekerja lagi. Ada juga warga yang memang secara ekonomi dikategorikan tidak mampu dan memiliki tanggungan anak yang masih melanjutkan pendidikan.

Siswa yang ikut kegiatan ini adalah siswa dari kelas 7, 8 dan 9, baik Putra maupun Putri. Entah mereka kaya atau tidak, pintar atau tidak, pokoknya mereka diharuskan berpartisipasi. Memang siswa yang hendak membagian sembako sempat malu karena mungkin jiwa sosial mereka belum dilatih sebelumnya. Dengan diadakannya acara ini diharapkan siswa terbiasa berbagi terhadap sesama.

Sembako berupa beras diperoleh dari siswa sendiri. Setiap siswa diharuskan membawa beras minimal 2 kg. Sebagian orang tua siswa berpendapat jumlah itu terlalu sedikit atau tanggung. Jadi ada siswa yang membawa beras 3 kg. Setelah semua beras terkumpul, kemudian dimasukkan ke dalam bungkus plastik. Setiap bungkus plastik berisi 5 kg beras.

Semoga kegiatan sosial semacam ini terus berlanjut. Aamiin…

0 comments:

Posting Komentar

 
Top