11 April 2018

Pelaksanaan UAMBN-BK 2018

uambnbk

Ujian Akhir Madrasah Berstandar nasional (UAMBN) adalah ujian yang dilaksanakan oleh siswa kelas akhir di madrasarah. Pelajaran yang diujikan antara lain Al Quran Hadist, Akidah Akhlak, Fiqih, Sejarah Kebuadayaan Islam (SKI), dan bahasa Arab. Sejak tahun 2018, pelaksanaan UAMBN sudah tidak menggunakan kertas lagi melainkan menggunakan PC (Komputer/laptop). Istilahnya juga sudah berubah menjadi Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional Berbasis Komputer disingkat UAMBN-BK. UAMBN-BK ini bersifat tidak wajib tetapi sangat dianjurkan bagi lembaga yang mampu melaksanakannya.
MTs Darul Hikam Semedusari untuk pertama kalinya melaksanakan UAMBN-BK. Persiapannya begitu matang. Mulai Komputer server yang bespesifikasi tinggi yaitu intel Core i7 yang dibekali RAM 16 GB dengan harddisk berkapasitas 1 TB. Sementara client-nya menggunakan laptop sebanyak 7 unit yang dibekali RAM minimal 2 GB. Jaringan internet yang dipakai menggunakan wifi berkecepatan 10 Mbps yang ketika diuji coba mengunduh sebuah film berkapasitas 1,263 GB hanya dalam waktu kurang lebih 15 menit saja.

Kunjungi juga: "Simulasi 2 UAMBN-BK 2018"

Pada tanggal 30 Maret 2018, KEMENAG menginstruksikan kepada lembaga yang melaksanakan UAMBN-BK untuk mensikronisasi. Tahapan-tahapannya sebagai berikut:
  1. Cek Profil Madrasah 1. Profil MTs
  2. Cek Data Siswa 2. Data Siswa
  3. Isi Ruang Ujian 3. Ruang Ujian
  4. Penjadwalan Madrasah 4. Penjadwalan Madrasah
  5. Pemaketan dan Penjadwalan 5. Penjadwalan Madrasah
  6. Backup Kesiapan Ujian 6. Backup Kesiapan Ujian
  7. Sinkronisasi Online ke Offline
  8. Sinkronisasi Bank Soal
Pada tanggal 2-6 April 2018, dilaksanakan UAMBN-BK. Hari pertama dan kedua pelaksanaan tidak terjadi kendala apapun. Hari ketiga pelaksanaan, ada pemberitahuan dari KKM Rejoso untuk mengecek status selesai di situs http://uambnbk.kemenag.go.id . Dari sini mulai terlihat ada kendala yaitu status di Mapel Fiqih berbintang 1, artinya nilai siswa tidak masuk/nilai siswa nol/siswa tidak ikut ujian.
Fiqih bintang 1
Setelah hasil ujian dikirim ulang, Alhamdulillah semua status siswa “selesai” ujian. UAMBN-BK 2018 dinyatakan sukses.
Daftar siswa susulan

0 comments:

Posting Komentar

 
Top